Minggu, 14 Januari 2018

Perwujudan Telaga Warna dari atas bukit Petak Sembilan

 

Telaga Warna merupakan sebuah telaga unik yang dapat berganti warna ketika terkena cahaya matahari. Telaga tersebut mengandung sulfur yang tinggi sehingga tidak berwarna jernih. Untuk menikmati keindahan dari telaga warna ini dapat dilihat dari tiga spot, yaitu :
1. Dari sekitar kawasan telaga warna itu sendiri
2. Dari lokasi Batu Pandang Ratapan Angin (Baca Juga : Batu Pandang Ratapan Angin)
3. Dari kawasan Wana Wisata Petak Sembilan.

Untuk mendapatkan perubahan warna-warni yang maksimal dari Telaga Warna, maka lokasi di kawasan Wana Wisata Petak Sembilan inilah yang paling bagus. Lokasi gerbang dari Wana Wisata Petak Sembilan ini berada disebelah gerbang masuk Telaga Warna. Namun banyak pengunjung yang tidak mengetahuinya, padahal kawasan Wana Wisata Petak Sembilan menawarkan banyak keindahan.

Di gerbang Wana Wisata Petak Sembilan terdapat seorang petugas yang akan menarik retribusi pengunjung. Untuk tiket masuk sekitar Rp. 10.000,- per orang. Untuk menikmati keindahan Telaga Warna dari kawasan ini maka pengunjung harus naik ke bukit terlebih dahulu dengan rute yang telah disediakan oleh pengelola. Pada bagian bawah, rute jalan sudah baik karena terbuat dari paving block namun ketika semakin naik rute jalan masih berupa tanah yang akan licin ketika musim hujan. 

Setelah masuk pintu gerbang Wana Wisata Petak Sembilan, pengunjung akan disuguhi bunga-bunga yang sangat indah dan semacam rumah-rumahan kecil. Bunga-bunga tersebut oleh masarakat sekitar disebut dengan bunga pancawarna.

Bunga Pancawarna

Untuk mendaki ke bukit di kawasan Wana Wisata Petak Sembilan lumayan berat karena selain pengunjung harus berjalan naik, udara di kawasan tersebut tercampur dengan bau belerang sehingga agak membuat sesak pernafasan. Namun hal tersebut masih aman bagi pengunjung. 

Ketika sampai di puncak bukit Wana Wisata Petak Sembilan, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan yang sangat apik. Di puncak tersebut juga disediakan tempat untuk berfoto diatas papan.

Papan foto di bukit Wana Wisata Petak Sembilan

Pada siang hari dimana cahaya matahari sedang terik adalah saat yang tepat untuk melihat pemandangan telaga warna dengan warna yang berbeda-beda. Warna air pada telaga dapat berubah menjadi kuning, hijau, biru dan pelangi. Namun pengunjung harus melihat tersebut dengan jeli dan seksama karena tidak terjadi pada keseluruhan telaga tetapi pada spot-spot tertentu pada telaga.

Telaga Warna dari Wana Wisata Petak Sembilan

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar