Minggu, 14 Januari 2018

Pemandangan dua telaga di Batu Pandang Ratapan Angin

 

Batu Pandang Ratapan Angin adalah salah satu lokasi yang masuk dalam kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng atau Dieng Plateau. Jika dari gerbang Dieng Plateau, maka pengunjung akan berbelok ke arah kiri untuk mencapai Batu Pandang Ratapan Angin. Dari lokasi Batu Pandang Ratapan Angin ini kita dapat melihat dua telaga yaitu telaga warna dan telaga pengilon dari atas bukit.

Telaga Warna dan Telaga Pengilon

Untuk menuju puncak bukit, maka pengunjung perlu mendaki sekitar 300-400 meter. Namun lumayan berat juga untuk orang yang jarang berolah raga. Bagi yang sering beraktivitas fisik seperti olah raga tentu hal jarak tersebut tidak menjadi masalah. Namun jika dibandingkan dengan pendakian ke bukit Sikunir, aktivitas pendakian ke bukit Batu Pandang Ratapan Angin lebih mudah.
( Baca Juga : Matahari Terbit dari Sikunir Dieng)

Pemandangan dari Batu Pandang Ratapan Angin

Pada lokasi Batu Pandang Ratapan Angin tersebut pengunjung dapat menemukan dua buah batu yang berdekatan. Sebenarnya kedua batu tersebut memiliki mitos bagi masyarakat sekitar Dieng. Kedua batu tersebut merupakan perwujudan dari seorang putri yang cantik jelita dengan kekasih gelapnya yang dikutuk oleh seorang pangeran yang sakti mandraguna. Pangeran tersebut adalah suami dari putri yang cantik jelita tersebut. Kutukan tersebut dimulai ketika sang putri melakukan perselingkuhan dengan kekasih gelapnya dan sang pangeran pun mengetahui perselingkuhan tersebut. Awalnya pangeran tersebut memaafkan tindakan sang putri, namun justru sebaliknya sang putri ingin membunuh sang pangeran. Sang pangeran akhirnya marah dan mengutuk sang putri dan kekasih gelapnya menjadi batu yang sampai sekarang batu tersebut dapat ditemukan di lokasi Batu Pandang Ratapan Angin.

Selain memiliki mitos, Batu Pandang Ratapan Angin juga pernah menjadi latar belakang pada iklan perusahaan rokok nasional yang ditayangkan di televisi. Oleh karena itu, pemandangan dari lokasi ini lumayan bagus sehingga wajib dikunjungi jika anda datang ke Dieng.

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar