Rabu, 17 Januari 2018

Pantai Ngobaran wisata unik Jogja yang mirip pantai di Bali

 

Pantai Ngobaran merupakan pantai yang berada di laut selatan dengan lokasi di Desa Kanigoro, kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini layak untuk dikunjungi karena memiliki pemandangan yang indah dan unik karena memiliki bangunan-bangunan berupa candi dan masjid dengan lantai berupa pasir. Pantai Ngobaran terletak pada kawasan yang sama dengan pantai Ngrenahan.

Untuk menuju ke pantai Ngobaran dari kota Yogyakarta, pengunjung harus menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil atau motor. Bagi pengunjung dari luar dapat menggunakan rental motor atau mobil jika tidak menggunakan paket tour. Yang jelas tidak mungkin menggunakan ojek online yang tersedia di kota Jogja karena jarak dari kota Jogja sendiri sekitar 65 km hehehe... Pantai Ngobaran sebenarnya satu jalur dengan pantai Nguyahan dan Ngrenahan. Jadi jika dari arah Jogja maka pertama kali akan bertemu dengan petunjuk arah ke Pantai Nguyahan dimana pengunjung harus berbelok ke kiri. Namun untuk menuju pantai Ngobaran, pengunjung harus mengambil arah lurus sampai bertemu dengan lokasi wisata tersebut.

Sebelum masuk ke pantai Ngobaran, pengunjung dapat parkir terlebih dahulu dengan membayar sekitar Rp. 10.000,- untuk mobil yang termasuk retribusi pantai Ngobaran dan Ngrenahan. Untuk menuju lokasi utama ke pantai Ngobaran ada dua jalur yang dapat digunakan, yaitu jalur bawah dan jalur atas, Untuk jalur atas, pengunjung dapat menggunakan kendaraan dengan arah menuju pantai Ngrenahan. di Jalur atas tersebut akan ditemukan banyak warung yang menjual makanan. Untuk jalur bawah adalah jalur yang saya rekomendasikan karena hanya bisa dijangkau dengan berjalan kaki namun kita akan menemukan beberapa spot yang menarik, yaitu Masjid dengan lantai pasir dan spot pantai Ngobaran yang tidak terlalu luas. Masjid dengan lantai pasir tersebut menjadi keunikan dari tempat ini. Untuk spot pantai, pengunjung dilarang untuk berenang dan ada papan pengumuman larangannya karena ombaknya terlalu besar. Setelah melewati kedua spot tersebut pengunjung akan bertemu dengan lokasi utama dari pantai Ngobaran yang terdapat bangunan candi dengan patung berwarna putih dan hitam. Di spot utama juga terdapat patung yang mirip dengan bentuk burung yang memiliki latar belakang laut selatan.


Spot utama pantai Ngobaran

Di samping spot utama tersebut terdapat sebuah lokasi dengan pagar kayu yang memiliki latar belakang berupa laut selatan juga yang bagus untuk berfoto. Pada lokasi tersebut juga banyak terdapat pohon-pohon yang dapat digunakan untuk berteduh sementara sambil berfoto ria.

Spot samping lokasi utama.

Disekitar lokasi utama terdapat candi-candi yang lebih besar dibandingkan dengan candi di lokasi utama. Beberapa candi tersebut ditutup pintu masuknya dengan tujuan agar pengunjung tidak masuk ke dalam candinya. Namun pengunjung diperbolehkan untuk berfoto disekitar luar candi tersebut.

Candi sekitar lokasi utama

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar