Senin, 08 Januari 2018

Mangut lele Mbah Marto, makanan tradisional nikmat di tempat homy

 

Yogyakarta merupakan daerah yang memiliki budaya  tradisional dan kuliner yang sangat menawan. Hal tersebut menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk menikmati liburan ke daerah tersebut. Penginapan murah pun banyak tersedia dari tipe guesthouse, homestay dan hotel dari tipe melati sampai berbintang. harganya pun sangat murah, dari ratusan ribu sampai dengan jutaan. Namun pada artikel ini, saya akan membahas mengenai salah satu kuliner legendaris di Yogyakarta. Banyak para wisatawan ataupun orang dari luar Yogyakarta yang mengenal gudeg sebagai makanan tradisional khas daerah tersebut. Namun ternyata Yogyakarta menyimpan kuliner nikmat lain yang mungkin awam bagi sebgaian orang, yaitu Mangut Lele. Salah satu tempat makan mangut lele yang terkenal adalah Mangut Lele Mbah Marto. Tempatnya berada di daerah Bantul, sekitar 30 menit sampai dengan satu jam dari kota Yogyakarta. Tempatnya jauh dari keramaian dan susah dijangkau. Namun ketika kita sampai ditempat tersebut, pastinya akan terkejut. Janganlah dibayangkan tempatnya merupakan restoran atau rumah makan  dengan banyak kursi dan meja makan, tetapi tempat makan di mangut lele mbah Marto merupakan sebuah DAPUR. Pada hari libur, antrian orang yang ingin merasakan kenikmatan mangut lele Mbah Marto sangatlah panjang sehingga hindari datang pada hari Libur.


Agar tidak membingungkan, maka akan saya buatkan deskripsi tentang temat makan mangut lele Mbah Marto ini.
  • Untuk menuju tempat tersebut harus ke Bantul, jadi bukan di pusat kota Yogya. Tempat makan mangut lele Mbah Marto tersebut juga berada di tengah desa, bukan di pinggir jalan besar. Agar tidak tersesat, silakan gunakan GPS dan bertanya kepada orang sekitar.
  • Parkir mobil sangat terbatas. Agar tidak kecewa karena tidak dapat tempat parkir, sebaiknya hal tersebut diantisipasi.
  • Dari tempat parkir, kita harus berjalan sekitar 10-20 meter untuk sampai ke rumah Mbah Marto dengan melewati gang kecil dan rumah-rumah penduduk (tentunya rumah tetangga Mbah Marto ya hehehe..)
  • Ketika sudah sampai di rumah Mbah Marto, jangan dibayangkan rumah mewah, tetapi rumah sederhana yang menurut saya cukup homy dan nyaman.
  • Untuk menyantap mangut lele, kita harus masuk ke DAPUR hehehe.... Jadi ketika ramai maka antriannya bisa sampai keluar rumah dari Mbah Marto.
  • Di dalam dapur Mbah Marto ini ternyata banyak menu tradisional, tidak hanya mangut lele saja, tetapi ada juga gudeg, sayur krecek, dan sebagainya. intinya banyak pilihan menu tradisional yang bisa dicoba dan tentunya nikmat semua. Mangut lele Mbah Marto berbeda dengan mangut lele dari tempat lain karena sebelum dibuat mangut, lelenya sepertinya digongso atau dibakar dulu sehingga aromanya lebih keluar (ini cuma prediksiku yaaa, entah benar atau tidak hehehe..)
  • Setelah mendapatkan menu, tempat makannya adalah dimana saja dirumah tersebut yang dipakai duduk, jadi sangat terbatas. Hal itu membuat seolah-olah kita makan dirumah sendiri.


Penilaian :
Mangut lele mbah Marto wajib dicoba sehingga ketika berkunjung ke Jogja tidak hanya menyantap menu kuliner itu-itu saja. Kelebihannya adalah rasa mangut yang nikmat serta suasana tempat makan yang homy. Jika beruntung, kalian dapat bonus berfoto dengan Mbah Marto hehehe...




    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar