Minggu, 14 Januari 2018

Gugusan kepulauan Tunku Abdul Rahman Marine Park di Sabah

 

Gugusan kepulauan Tunku Abdul Rahman Marine Park terletak di Sabah Malaysia yang dapat dijangkau dengan speedboat dari pelabuhan Jesselton Point, Kota Kinabalu. Pulau-pulau yang menjadi anggota dari Gugusan kepulauan Tunku Abdul Rahman Marine Park adalah pulau Sapi, pulau Mamutik dan pulau Manukan. Jarak tempuh dari pelabuhan Jasselton Point ke ketiga pulau tersebut hanya sekitar 15 menit. Untuk menikmati keindahan pulau tersebut kita dapat mengikuti paket tour yang dijual oleh para agen di dalam pelabuhan Jasselton Point. Harganya waktu itu jika dalam bentuk kurs Rupiah sekitar Rp. 300.000,- sampai dengan Rp. 400.000,- per orang. Harga tersebut lebih murah daripada membeli paket tour online lewat internet. Di dalam pelabuhan Jesselton Point tersebut terdiri dari banyak agen tour ke Gugusan kepulauan Tunku Abdul Rahman Marine Park dan setiap agen memiliki informasi harga paket tour di depan konternya sehingga kita bisa membandingkan harga-harga tersebut untuk mendapatkan yang paling murah. Oleh agen tour tersebut pengunjung akan ditawarkan fin atau kaki katak dan kacamata snorkel untuk kegiatan snorkeling dengan harga sekitar Rp. 50.000,-. Namun hal tersebut optional, jika pengunjung sudah membawa perlengkapan sendiri maka tidak perlu menyewa perlengkapan tersebut. Jika pengunjung ingin menyewa, sebaiknya menyewa kacamata snorkel saja sedangkan fin atau kaki katak tidak perlu menyewa. 

Sebelum speedboat berangkat dari pelabuhan Jesselton Point, seluruh penumpang akan dibagikan life jacket. Jumlah penumpang juga akan dihitung dengan seksama demi keselamatan penumpang. Peraturan di tempat tersebut sangat ketat dan baik, jika diketahui ada speedboat yang memuat penumpang melebihi kapasitas maka pemiliki kapal akan terkena sanksi penjara. 

Untuk pulau pertama yang dikunjungi adalah pulau Sapi. Di tempat ini terdapat warung makan,namun menunya sangat sedikit dan mahal. hamparan pantai dipulau ini tidak terlalu luas sehingga ketika ramai pengunjung akan penuh sesak. Untuk pemandangan bawah lautnya tidak terlalu bagus, hanya dapat ditemukan beberapa ikan dan tidak ada koral yang bagus. Sebenarnya ada satu spot tersembunyi untuk snorkeling namun waktu itu ada petugas yang melarang memasuki kawasan tersebut. Untuk kebersihan dari pulau Sapi ini sangat baik dan tidak terlihat sampah.

Pengunjung dan kapal di pulau Sapi

Dermaga di pulau Sapi

Setelah dari pulau Sapi, tujuan berikutnya adalah pulau Mamutik. Pastikan jadwal kapal dari tour anda agar tidak tertinggal kapal menuju pulau berikutnya. Karena kami sempat tertinggal kapal dan akhirnya ikut dengan rombongan tour yang lain. di pulau Mamutik tersedia warung makan dengan menu yang lebih lengkap dan harga tidak terlalu mahal. Jika pengunjung ingin makan siang, maka dapat dilakukan ditempat ini. Suasana di pulau ini sangat sejuk karena terdapat banyak pohon sehingga pengunjung dapat melakukan makan siang dan beristirahat dengan nyaman. Selain itu, pulau ini juga menyediakan meja dan kursi meskipun dalam jumlah yang terbatas. Untuk tiket masuk pulau ini bagi pengunjung luar adalah RM 10.

Customer Service di pulau Mamutik dan tempat membayar tiket 

Papan informasi di pulau Mamutik

 Dermaga pulau Mamutik

Pantai di pulau Mamutik

Perjalanan berikutnya adalah menuju pulau Manukan, dimana pulau ini merupak pulau terbesar dari gugusan kepulauan Tunku Abdul Rahman Marine Park. Selain itu, hamparan pantai di pulau Manukan ini juga lebih luas jika dibandingkan dengan pulau Sapi dan pulau Mamutik. Untuk tiket masuk bagi pengunjung luar adalah sekitar RM. 10. Pantai di pulau ini juga sering digunakan untuk latihan diving.

Gerbaang dan tempat tiket pulau Manukan

Dermaga pulau Manukan

Pantai dari pulau Manukan

Secara garis besar ketiga pulau gugusan Tunku Abdul Rahman Marine Park tersebut memiliki pemandangan bawah laut yang kurang menarik jika pengunjung melakukan kegiatan snorkeling. Namun ketiga pulau tersebut ditata dengan sangat baik oleh pengelolanya sehingga memiliki kebersihan yang sangat baik dengan pohon-pohon yang rindang. Hal tersebut memberikan kenyamanan yang baik ketika pengunjung hanya ingin menikmati suasana pantai dan bermain air tanpa bersenorkeling. Sisi keamanan dan keselamtan pengunjung juga dijaga dengan baik dengan pengawasan ketat terhadap agen-agen tour ke gugusan kepulauan Tunku Abdul Rahman Marine Park ini. 

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar