Jumat, 12 Januari 2018

Gili Kapal, si Pulau yang Timbul Tenggelam di Lombok Timur

 

Gili Kapal merupakan pulau kecil yang terletak di Lombok Timur. Gili Kapal ini memiliki dataran yang yang dapat timbul dan tenggelam. Hal tersebut sering mengakibatkan kapal-kapal yang melintasinya kandas di dataran pasirnya. Ketika kita bermain air disekitar Gili Kapal ini, kita masih bisa menemukan sisa bongkahan kayu dari kapal yang pernah terdampar. Oleh karena itu, penduduk sekitar menamakan pulau kecil itu sebagai Gili Kapal. Pecahan-pecahan kerang atau koral berada disekitar gili ini sehingga perlu berhati-hati ketika melangkah dengan kaki telanjang karena akan terasa sakit di kaki. Jika perlu, bawalah sandal agar tidak terkena pecahan-pecahan tersebut.

Kapal yang digunakan untuk menuju Gili Kapal

Gili ini sangat istimewa karena merupakan pulau kecil yang sederhana dari gundukan pasir putih yang dikelilingi oleh air laut yang berwarna biru kristal.

Dataran Gili Kapal

Tidak akan ditemukan pepohonan atau tempat untuk berteduh, sehingga ketika sinar matahari sedang terik maka satu-satunya tempat berlindung adalah kapal yang kita gunakan untuk berlabuh. Makanan dan minuman adalah hal wajib yang perlu dibawa ketika mengunjungi pulau ini. Namun harus tetap menjaga kebersihan dan jangan sampai membuang sampah makanan atau minuman seenaknya karena akan merusak keindahan pulau ini dan laut sekitarnya. Sejauh mata memandang dari gili kapal, kita akan disuguhi oleh pemandangan dari Gunung Rinjani, Gili Petagan dan Gili Bidara.

Baca juga : Gili Petagan si habitat burung Kondo

Pemandangan dari Gili Kapal

Penggunaan sunblock atau topi sangat dibutuhkan ketika mengunjungi gili ini karena tidak ada bangunan atau pohon yang melindungi kita dari teriknya matahari sedangkan kita pasti akan tertarik untuk berlama-lama menikmati keindahan suasana gili ini. Gili ini tepat dikunjungi ketika sepi karena jika ramai dapat dipastoikan kita susah untuk mendapatkan spot foto yang baik. Setiap sudutnya memiliki latar belakang foto yang berbeda sehingga rugi jika tidak bisa mendapatkan seluruh sudut tersebut. 

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar