Minggu, 14 Januari 2018

Exploring Kota Kinabalu di Sabah Malaysia

 

Kota Kinabalu merupakan ibukota dari negara bagian Sabah Malaysia yang bertetangga dengan Brunei Darussalam dan Kalimantan, Indonesia. Ketika melakukan perjalanan ke Kota Kinabalu dari Indonesia melalui Kuala Lumpur, maka pengunjung akan mendapatkan dua kali cap passport, yaitu di Kuala Lumpur dan di Sabah. Kunjungan ke Kota Kinabalu waktu itu bertujuan untuk menghadiri konferensi internasional di bidang teknologi informasi. Namun tidak afdol jika tidak sekalian menjelajahi tempat-tempat menarik di Kota Kinabalu. Tempat tersebut memiliki tata ruang yang teratur, bersih, fasilitas perbelanjaan yang lengkap dan tempat wisata yang banyak dari gunung hingga pantai. (Baca Juga: Gugusan kepulauan Tunku Abdul Rahman Marine Park di Sabah)

Kota Kinabalu juga memiliki moda transportasi publik yang murah, yaitu bus kota dengan jauh dekat bertarif 1 RM. Penginapan di Kota Kinabalu juga murah. Ketika mengunjungi Kota Kinabalu, penginapan yang digunakan adalah Jack's Condo Apartement yang berada di kawasan Marina Court Resort Condominium dengan harga sekitar Rp.850.000,- per hari dengan jumlah kamar sebanyak tiga ruang yang dapat ditempati untuk 9 orang. Apartement tersebut berada pada lokasi strategis karena arah depan dari apartemen tersebut adalah pool taksi, terminal transportasi umum seperti bus dan angkot serta Waterfront Mall. Untuk warung makan banyak ditemukan dibelakang apartement ini dengan harga yang murah.

Pada belakang Waterfront Mall terdapat Waterfront KK yang merupakan tempat mirip dermaga yang ramai pengunjung pada sore hari dengan tujuan untuk menikmati matahari tenggelam atau sunset. Di sebelah Waterfront KK ini terdapat food court.

Sunset di Waterfront KK

Suasana di Waterfront KK

Matahari menjelang tenggelam dari Waterfront KK

Pada malam hari terdapat night market yang mennyajikan berbagai jenis makanan terutama seafood. Night market ini sangat ramai sekali namun tempatnya agak becek dan bau. Makanan yang dijual ditempat tersebut banyak yang enak. Lokasi dari night market tersebut dekat dengan Filipino Market. Pada siang hari Filipino market ini menjual banyak souvenir dengan harga murah. Di Kota Kinabalu juga terdapat Suria Mall seperti di Kuala Lumpur.

Pantai Tanjung Aru juga dapat dijangkau menggunakan bus dari pusat Kota Kinabalu. Namun bus menuju tempat tersebut sangat jarang. Pantai Tanjung Aru mirip dengan Pantai Parangtritis di Jogja namun lebih bersih. (Baca Juga : Menikmati Resort Eksotis di Pantai Selatan Jogja)
Pantai Tanjung Aru tersebut direkomendasikan dikunjungi pada sore hari sambil menikmati matahari tenggelam. Disekitar tempat tersebut terdapat food court yang menyajikan bermacam-macam menu, namun harga yang ditawarkan sedikit mahal.

Secara keseluruhan Kota Kinabalu layak dikunjungi karena memiliki tata ruang kota yang baik dan merupakan kota yang bersih serta murah. Transportasi juga mudah dan banyak pilihan. Banyak jenis tempat menarik yang dapat dikunjungi dengan mudah dan murah.


    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar