Sabtu, 13 Januari 2018

Entok yang Slenget oleh Kang Tanir di Turi, Jogja Utara

 

Entok adalah sejenis unggas dari jenis bebek dengan bahasa latin Cairina Moschata. Di beberapa daerah unggas ini juga disebut sebagai Mentok. Mentok berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan, di mana entok ini hidup alami dan liar di rawa-rawa berhutan dan wilayah berpayau di sekitar danau dan sungai. Entok dipelihara untuk diambil daging dan telurnya. Daging entok sendiri sebenarnya memiliki tekstur yang alot. Namun ditangan Kang Tanir, entok ini disajikan menjadi masakan rica-rica pedas yang empuk dan nikmat. Warung dari Kang Tanir ini terkenal dengan masakan Entok Slenget Kang Tanir. Slenget yang dimaksud pada masakan ini berarti pedas. Namun sebenarnya masakan entok dari Kang Tanir ini tidak terlalu pedas sehingga bagi orang yang tidak kuat terhadap pedas masih bisa merasakan kenikmatan dari entok slenget ini. Rica-rica entok ini disajikan dengan irisan kubis dan mentimun sebagai lalapan.

Warung entok slenget Kang Tanir

Warung Entok Slenget Kang Tanir ini berada Jogja bagian utara, tepatnya di Turi, Sleman. Tempat tersebut paling mudah dapat dijangkau dari jalan Palangan Tentara Pelajar. Warung tersebut buka dari jam 16.00 - 21.00. Namun biasanya sekitar jam 19.00, menu entok slenget tersebut sudah habis. agar tidak kehabisan, biasanya pelanggan menelpon dulu untuk memesan sebelum sampai ditempat. Sehingga setelah sampai diwarung masing kebagian dan tinggal menikmati menu entok slenget tersebut. Menunya sendiri terbagi menjadi dua, yaitu rica-rica daging dan balungan. Untuk seporsi entok slenget dapat ditebus dengan Rp. 16.000,-

Menu Entok Slenget

Warung Entok Slenget Kang Tanir ini memiliki tempat parkir yang cukup luas sehingga tidak perlu kuatir jika anda datang dengan banyak teman dan membawa mobil banyak. Namun yang perlu diperhatikan ketika ingin menikmati entok slenget ini adalah bahwa warung Kang Tanir ini tidak menghadap ke jalan raya, justru sebaliknya yaitu menghadap ke arah dalam. Hanya tulisan berbentuk spanduk saja yang tertempel di jalan raya, sehingga perlu memperhatikan dengan seksama ketika mencari warung Kang Tanir tersebut. Tempat parkir juga berada di dalam sehingga tidak terlihat kerumunan kendaraan pelanggan. 

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar