Kamis, 11 Januari 2018

Dari tinutuan, nasi kuning sampai klapertaart di Manado

 

Manado adalah salah satu kota di Sulawesi Utara yang terkenal dengan wisata baharinya, yaitu Bunaken. Banyak wisatawan dari luar negeri maupun lokal yang ingin mengunjungi Manado untuk menyelam ataupun hanya sekedar snorkeling di kawasan Bunaken demi mendapatkan pemandangan indah bawah lautnya. Namun pada artikel kali ini tidak akan membahas tentang bunaken atau wisata bahari di Manado, melainkan wisata kuliner.

Manado memiliki kuliner tradisional yang bermacam-macam dan mampu menggoyang lidah. kuliner yang paling terkenal adalah tinutuan atau disebut juga bubur Manado. berbeda dengan bubur ditempat lain, tinutuan merupakan bubur yang memiliki campuran sayuran yang lebih banyak dari jenis bubur lain dan beberapa lauk tambahan. Sayurannya biasanya terdiri dari jagung, bayam, daun kemangi dan beberapa tambahan jenis sayuran lain. Sedangkan lauk tambahan dapat berupa ikan asin maupun perkedel. 

Tinutuan dengan tahu dan perkedel jagung

Selain bubur manado atau tinutuan, menu pagi hari di Manado adalah nasi kuning khas Manado. Untuk nasi kuning Manado memiliki ciri khas yaitu adanya campuran abon ikan cakalang yang sangat lezat yang menjadi menu pelengkap pada nasi kuning khas Manado. Tambahan lauk berupa telur rebus dan semur daging menjadikan pagi hari anda menjadi lebih bersemangat dalam menyantap sarapan nasi kuning khas Manado. Untuk penyajian menu nasi kuning kas Manado ini ada yang menggunakan piring tetapi ada juga yang menggunakan daun.

Nasi kuning Manado

Kemudian kuliner yang tak kalah lezatnya adalah klapertaart Manado. Klapertaart merupakan kue dengan bahan dasar kelapa yang sering dijadikan sebagai oleh-oleh bagi para pelancong ketika kembali ke tempat asalnya. Namun untuk yang beragama muslim perlu bertanya dahulu tentang kehalalannya ketika membeli kalpertaart karena ada beberapa pembuat klapertaart yang menggunakan bahan yang tidak boleh di konsumsi oleh muslim. Klapertaart biasanya tersedia dalam porsi kecil maupun besar dan jenis kering maupun basah.

Klapertaart basah


    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar