Minggu, 26 Maret 2017

Liburan ke Maldives

 


Banyak orang menganggap bahwa liburan ke Maldives itu sangat mahal. Padalah sekarang dengan model "backpacker" kita bisa ke Maldives. Caranya sering-sering aja pantau tiket promo dan jangan menginap di resort. Karena bisa jadi sewa resort permalamnya dapat murah, tapi transportasi menuju resortnya yang tidak masuk akal. (harga sewa seaplane or speed boad lebih mahal dari harga sewa kamar permalamnya) 😂😂😂

Pantai di Maldives

Kita berangkat dari Jogja maka kita juga ekstra berburu tiket promo JOG - KUL. Berbekal tiket murah dari KUL - MLE yang telah kita beli lebih dulu. Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu tiba.

Day 1
Berangkat siang dari Jogja, lama perjalanan JOG - KUL 2h 35m. Transit 3h 30m di terminal KLIA2, baru lanjut KUL - MLE  4h 15m. Tiba di Male ibukota Maldives sekitar jam 8 malam. Sayangnya untuk tiket murah penerbangan sampai ke Male hanya ada di malam hari. Pemandangan Maldives dari atas pesawat sangatlah mengagumkan, bila siang terlihat atol-atol yang dikelilingi air yang berwarna jernih kemudian biru sampai biru tua yang menunjukkan itu laut dalam.


Dari bandara Ibrahim Nasir kita menyebrang ke Male City dengan kapal fery, harga tiket 20 MVR lama perjalanan sekitar 10 menit. Kemudian lanjut dengan taxi 25 MVR menuju hotel. Naik taxi di Male jauh dekat harga sama 25 MVR klo plus bagasi harganya 30 MVR.
Sampai hotel kita disambut dengan welcome drink, kemudian langsung istirahat.

Day 2
Kegiatan hari ini adalah di seputaran kota Male. Pagi-pagi kita jalan menuju ke Vilingili Ferry Terminal untuk membeli tiket fery ke Gulhi. Pelabuhan ini berbeda dengan pelabuan yang dari bandara. Pelabuhan ini letaknya di selatan Male. Dan ternyata loket ke Gulhi masih tutup karena kita kepagian. Sembari menunggu loket buka kita jalan-jalan di sekitar pelabuhan. Di sekitar pelabuhan ada Tsunami Monument.



Harga tiket fery Male - Gulhi 22 MVR ditempuh sekitar 1h 15m. Kenapa kita memutuskan untuk singgah ke Gulhi sebelum ke Maafushi? Karena Gulhi pulau yang tidak padat penduduknya & sangat tenang.



Setelah check out kita langsung menuju pelabuhan Vilingili dengan taxi. Sambil menunggu fery jam 3 siang, kita makan siang di Sea House Brasserie. Ternyata ada 2 orang Indonesia yang jadi pegawai disini. Kita memesan Ice Chocolate, Vanilla Frappe, Beef Stroganoff & Chicken Ala Keiv. Makanan & minuman yang kita pesan rasanya enak. Disini juga menyesiakan menu buffet all you can eat (lupa berapa harganya).
Sekitar jam 4 sore kita sampai Gulhi. Turun dari kapal ada pihak hotel yang menjemput kita. Ternyata hotelnya hanya beberapa meter dari dermaga.
Di hotel ini sangat pas buat menikmati sunset. Setelah chcek in, istirahat sebentar lalu jalan-jalan di sekitar hotel untuk menikmati sunset. Disini pantainya sepi, serasa pantai pribadi. 😆😆😆





Malam harinya kita makan malam dengan ikan bakar yang baru saja ditangkap (masih fresh), hhmmm... rasanya manis & gurih. 😋😋😋

Day 3
Pagi-pagi kita langsung hunting sunrise. Pergi ke arah timur melewati pemukiman penduduk lokal diantaranya juga ada penginapan.
Taraaa... inilah penampakannya 😍



Suasana pagi di pantai timur Gulhi ini benar-benar sepi. Disini juga tersedia kursi untuk bersantai berjajar di tepi pantai sambil menikmati sunrise.
Setelah puas menikmati matahari pagi langsung lanjut sarapan. Sarapan ala Maldives 😋 yang menurut aku porsinya kurang & ga bakalan kenyang lama. Sesuai perkiraan sebelum jam 12 siang sudah lapar lagi.



Siangnya, setelah makan siang kita main di pantai menikmati indahnya laut yang berwarna biru tosca. Di siang hari warna biru lautnya akan terlihat semakin bagus.




Kita diperbolehkan over stay sampai jam 3 karena kapal fery ke Maafushi datang jam 4 sore.
Oh iy, disini kita menginap di Gulhi Beach Villa. Restoran di tempat ini masakannya enak-enak. Sambil makan kita disuguhi pemandangan laut, karena letaknya yang menghadap ke pantai.
Sampai di Maafushi sekitar jam 5 sore. Kita menginap di Venturo guest house. Kita dapat kamar yang luas banget. Guest house ini menyediakan makan buffet all you can eat mulai jam 6 sore dengan harga 6 USD.

Day 4
Hari ini kita putuskan untuk ke ikut tour ke Picnic Island dengan harga 65 USD sudah termasuk entrance fee, lunch, alat snorkeling, handuk dan menggunakan speed boat. Sebenarnya kita pingin snorkeling full day, tapi karena bertepatan dengan hari jum'at maka kegiatan ini tidak ada.



Day 5
Hari ini adalah hari terakhir di Maldives. Rasanya belom puas liburan disini kali ini. Kegiatan hari ini adalah diving. Kita memakai jasa dari Maafushi Dive dengan harga 65 USD. Bila kalian tidak membawa kamera underwater kita bisa menyewa dengan harga 20 USD bisa dapat softcopy plus ada yang fotoin pula. Kali ini kita akan melakukan diving di sekitaran Sandbank. Yang kemaren belom sempat ke Sandbank bisa kita lakuin hari ini.



Setelah diving kita makan siang di Arena Beach Hotel. Kita memilih tempat outdor sambil memandang birunya lautan disertai semilir angin laut.


Setelah selesai makan kita bisa beristirahat duduk santai. Kita menghabiskan waktu disini sebelum kembali ke Male.

Sorenya kita kembali ke Male menggunakan speedboat dengan harga 20 USD. Menggunakan speed boad bisa langsung turun di dermaga bandara.


Kita menggunakan pesawat malam hari untuk menuju Kuala Lumpur.

Day 6
Jam 4 pagi kita sampai di Kuala Lumpur. Transit sekitar 5 jam untuk menuju Jogja. Dan akhirnya sampai di Jogja. Liburan telah usai dan rasanya belom puas menikmati lautan Maldives...

    Choose :
  • OR
  • To comment
2 komentar:
Write komentar
  1. di maldives ga resort tour?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ikut resort tour. hanya ikut tour ke picnic island, snorkling dan diving di sekitaran sand bank. tujuannya kami adalah tempat-tempak yang bisa dieksplor dan dijangkau dengan jalan kaki dan trasportasi publik

      Hapus